Melacak Visi Hierofani di Balik Narasi Ngibau (Pemeliharaan Padi) Suku Dayak Peruan Kalimantan Barat

Authors

  • Yanuarius Berek Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, Malang

DOI:

https://doi.org/10.69621/jpf.v16i1.18

Keywords:

hierofani, ngibau, Dayak Peruan, dunia pertanian, lingkungan pelaut

Abstract

The focus of this article is to trace the hierophany vision behind the Ngibau (rice raising) narrative of the Dayak Peruan tribe of West Kalimantan. The narrative of raising rice of Dayak Peruan tribe, like many other narratives, is full of meaning. The depiction of raising rice is like a child who goes overseas by sailing the sea, facing tidal waves, until he returns to his homeland bringing with him the valuables stuffs that have been ordered by his parents to him. To open up the full of its meaning, the writer uses Mircea Eliade’s theory on hierophany of sacred realities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balun, Bernard S. (2012), Komunitas Basis Gerejawi Paroki Gereja Yang Hidup. Yogyakarta: Lamalera.

Biaf, Arkianus (2016), Ritus Penghormatan Buaya Suku Atoni Dalam Terang Totemisme Emile Durkheim Dan Kritik Teologis Atasnya (Tesis), Malang: STFT Widya Sasana.

Cave, David (1993), Mircea Eliade’s Vision for Humanism. New York: Oxford University Press.

Eliade, Mircea (2002a), Mitos Gerak Kembali Ke Yang Abadi Kosmos dan Sejarah (terj. Cuk Ananta). Jakarta: Ikon Teralitera.

Eliade, Mircea (2002b), Sakral dan Profan (terj. Nurwanto). Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Faimau, Gabriel (2008), “Tiadanya Tinta Merah dan Bermisi Dalam Dunia Yang Tunggang Langgang,” dalam Raymundus Sudhiarsa (ed.). Kearifan Sosial Lintas Budaya SVD Surya Wacana Merespon Misi Gereja. Yogyakarta: Lamalera.

Fransiskus, Yanuarius Berek (2016), Ritus Tmeup Lele Suku Atoni Dalam Terang Pemikiran Mircea Eliade dan Evaluasi Teologis Atasnya (Tesis). Malang: STFT Widya Sasana.

Hardiman, F Budi (2015), Seni Memahami Hermeneutik Dari Scleirmacher Sampai Derrida. Yogyakarta: Kanisius.

Kleden, Paulus Budi (2009), “Yesus Dari Nazaret Persoalan Historisitas,” dalam Paul Budi Kleden (ed.), Yesus Dari Nazaret Pelbagai Tanggapan. Maumere: Ledalero.

Kleden, Paulus Budi (2016), “Dari Tuhan Menuju Laut-Dari Tuhan Menuju Ladang” dalam Yohanes Antonius Lelaona, Dari Lautan Menuju Tuhan. Yogyakarta: Kanisius.

Mangunwijaya, Y.B. (1996), Ragawidya Religiositas Hal-Hal Sehari-Hari. Yogyakarta: Kanisius.

Meko, Frieds (2012), Di Simpang Peristiwa Mencatat Peristiwa Menuai Hikmah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pidyarto, H. (2011), “Beberapa Gagasan Kristiani Untuk Etika Lingkungan Hidup” dalam Benny Phang dan Valentinus (eds.), Minum Dari Sumber Sendiri Dari Alam Menuju Tuhan. Malang: STFT Widya Sasana.

Prihatanto, Kokoh (2007), Mimbar Altar Dan Pasar Sebuah Trilogi. Yogyakarta: Lamalera.

Sindhunata, Gabriel Possenti (2011), “Ultreya Ziarah Sampai Akhir Hidup,” dalam “UTUSAN” NO. 10 Tahun ke-61, Oktober.

Sudhiarsa, Raymundus (2011), “Lingkungan Alam, Lingkungan Sosial dan Pastoral Gereja,” dalam Benny Phang dan Valentinus (eds.), Minum Dari Sumber Sendiri Dari Alam Menuju Tuhan. Malang: STFT Widya Sasana.

Sudhiarsa, Raymundus (2015), “Prolog: Otentisitas Iman Dalam Misteri Salib,” dalam Agustinus Kraeng Ritan, Memoria Passionis Suatu Liturgi Kehidupan Refleksi Teologis Atas Kehidupan Devosional Umat Larantuka. Yogyakarta: Bajawa Press.

Susanto, P.S. Hary (1987), Mitos Menurut Pemikiran Mircea Eliade. Yogyakarta: Kanisius.

Wahono, Francis (2003), “Revolusi Hijau: Dari Perangkap Involusi Ke Perangkap Globalisasi,” dalam I. Wibowo dan Francis Wahono (eds.), Neoliberalisme. Yogyakarta: Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

Published

2021-07-05

How to Cite

Berek, Y. . (2021). Melacak Visi Hierofani di Balik Narasi Ngibau (Pemeliharaan Padi) Suku Dayak Peruan Kalimantan Barat . Perspektif, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.69621/jpf.v16i1.18

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)